DEVICE MANAGER

PENGERTIAN DEVICE MANAGER

Device Manager digunakan untuk mengelola perangkat keras yang terpasang di komputer seperti hard disk drive, keyboard, sound card, perangkat USB , dan masih banyak lagi.

FUNGSI DEVICE MANAGER
Device Manager dapat digunakan untuk mengubah opsi konfigurasi hardware, mengelola driver, menonaktifkan perangkat keras, mengidentifikasi konflik antara perangkat keras, dan banyak lagi. Windows membaca Device Manager sebagai daftar induk hardware dan windows sudah mengerti ( memahami ) setiap bagian – bagian yang terdapat di dalamnya. Semua perangkat keras pada komputer dapat dikonfigurasi melalui pusat utilitas ini.

Cara Akses Device Manager :

Device Manager dapat diakses dengan beberapa cara yang berbeda termasuk dari Control Panel, Command Prompt, My Computer dan sebagainya. Setiap perangkat listing di Device Manager berisi rincian driver, sumber daya sistem, informasi konfigurasi lainnya dan pengaturan. Ketika kita mengubah pengaturan perangkat lunak hardware, maka itu akan mengubah cara kerja hardware pada Windows. Contoh sederhana untuk mengakses device manager dapat di lakukan dengan meng-klik kanan pada my komputer lalu properties selanjutnya device manager ( pada windows 7 ). Lihat gambar di bawah ini :

DEVICE MANAGER
Berikut adalah beberapa hal umum yang dapat di lakukan Device Manager :
Update Driver
Reinstall Drivers
Lihat Status Perangkat
Rool Back Driver
Aktifkan ( Enable ) Perangkat
Nonaktifkan ( Disable ) Device
Mencari Versi Nomor Driver

Beberapa fungsi kegunaan Device Manager antara lain adalah :
1. Menunjukkan status suatu hardware
2. Menunjukkan informasi detil suatu hardware
3. Mengelola driver hardware
4. Disable & Enable hardware
5. Meng-identifikasi konflik antar hardware, dll.
6. Device Manager paling sering digunakan untuk pengelolaan driver suatu hardware. Misalnya instalasi driver, uninstal driver, update driver, rollback driver, dan bermacam problem yang berkaitan dengan driver suatu hardware.

Sekian dan terimakasih:)

Tinggalkan komentar